Kisah Nyata : TERTIPU TENTARA GADUNGAN, MOTOR HILANG!

Awal nya aku berkenalan via Facebook dengan nama akun PUTRA DAN*** REBORN. Kami Sudah berteman sekitar 7 Bulan yang Lalu. Tanggal 26 Juni 2015 tepatnya Puasa Ramadhan akun itu Masuk ke Inbox aku, Lalu kita chatingan.
“Hai adek Boleh kenalan?”
“Iyah, maaf Kamu siapa ya?”
“Bayu.“
“Bayu Mana?”
“Abang kerja di Yonzikon 14 dek, di Depok.“
“Abang TNI?”
“Iya dek abang TNI, nama adek siapa? Ade tinggal dimana?”
“Saya Fida bang, saya tinggal di Bekasi.“
“Bekasinya dimana? Bolehkan abang main ke tempat adek?”
“Di Bekasi selatan, kapan?”
“Nanti sore dek sekitar jam 6 sore nanti kita buka bersama bareng ya, abang habis pulang dinas langsung ke tempat adek.“
“Abang kesini naik apa?“
“Naik Bis dek.“
“Ya udah tapi aku gak bisa lama2 ya, bang, telepon ke nomor Hp aku ya.“
Aku pun memberikan no Hp ku ke Bayu agar kami bisa komunikasi dengan baik, perkenalan kami begitu singkat.
Jam 4 Sore HP aku bordering.
Aku pun langsung mengangkat nya, “Halo ini siapa?”
“Ini abang dek, abang sekarang udah di jalan sekarang, lagi di bus, abang nunggu dimana nanti?”
“Abang tunggu aja di samping indomaret.“Karena kebetulan tempat itu dekat dengan rumahku, aku pun bersiap tanpa ganti pakaianku yang masih memakai pakaian kantor, 1,5 jam kemudian dia meneleponku kembali.
“Dek abang udah nunggu di samping indomaret, adek segera kesini ya.“
“Iya abang tunggu aja disitu.“
Akupun langsung bergegas ke tempat itu bawa motor, ternyata bayu sudah menungguku dari tadi, pada saat itu bayu memakai celana loreng dan kaos dalam loreng tapi menggunakan Jaket coklat, memakai jam tangan warna hitam, bawa tas gendong hitam, ya selayak nya gaya penampilan seorang TNI. Aku pun percaya. Aku langsung menghampirinya tapi aku masih duduk di motor.
Bayu pun menyapaku “Fida yah?”
“Iyah.“ Menjawabnya pun aku masih malu.
“Turun lah dek jangan diam aja di motor, Adek baru pulang kerja ya kok masih pake pakaian kantor?”
“Iya bang saya langsung kesini belum sempat ganti pakaian.“
“Adek cantik, abang minder jadi nya abang mah jelek, hehehe.“
“Ah biasa aja kok, aku gak mau turun ah malu disini banyak tetanggaku nanti kalau laporan ama ortu ku gimana ?”
“Ya udah adek mau dimana, apakah ke rumah adek?”
“Jangan aku gak boleh bawa cowok ke rumah, kita cari tempat lain aja.“
Aku dan Bayu pun pergi mencari tempat lain lalu di jalan kita menemukan tempat makan yang ada di jalan, kita pun turun lalu kita duduk di tempat itu.
“Abang mau makan apa?” Tanyaku ke bayu.
“Gak dek, abang udah buka tadi di jalan sambil nunggu adek, adek aja yang makan, abang pengen liatin adek aja.“
“Ya udah kalau gitu aku makan sendiri.” Aku pun makan sendiri, Bayu hanya melihatku saja dan sesekali ia tersenyum ketika memandangiku, Aku pun Merasa malu karena terus di lihatin, aku pun menghentikan makan ku.
“Loh kenapa makan nya udah? di habisin dek, makan lagi.“
“Gak mau ah abang liatin mulu.“
“Abang seneng liat adek makan.“
“Udah ah kita ngobrol2 aja yah.“
“Emang abang sekarang gak sibuk gitu? Depok kan jauh kok bisa mau- mau nya kesini menemuiku.“
“Besok abang libur dek makanya abang sempatin kesini.“
“Owh gitu, aku gak bisa lama2 loh nemenin abang pasti ortu ku nanti nyariin aku.“

Pertemuan pertama kami bertemu hanya sekitar 2 jam, waktu itu sangat singkat sehingga kami belum begitu tau identitas kita masing2, skitar pukul 20.00 WIB dia mau pulang tapi aku lihat muka dia agak sedikit kebingungan aku pun menanyakan nya.
“Abang kenapa ?”
“Gapapa dek, abang cuma bingung nanti abang pulang nya gimana, dompet abang ketinggalan di asrama, Hp abang gadein ke adek aja yah buat ongkos pulang.“
“Aku gak bawa uang bang.“ Padahal aku hanya berpura2 saja cuma ingin tau benar tidak dompetnya ketinggalan.
“Ya udah abang jual Hp aja, anter abang nyari konter ya dek.“
Lalu kamipun pergi Mencari konter terdekat, setelah di cari2 akhir nya ketemu dan Hp dia laku di jual dg Harga Rp. 75.000,- Merk HP Sam**** warna pink. Uang itu hanya buat ongkos pulang saja, aku pun langsung mengantarkan dia ke tempat ojeg karena aku gak bisa mengantarkan dia ke terminal.
Dari semenjak pertemuan itu kami hilang kontek, Ke esokan Hari nya Tanggal 9 Juli 2015 Akun itu Inbox lagi via Facebook.
“Sombong.“
“Siapa yang sombong?”
“Adek lah.“
“Abang kali yang sombong.“
“Enggak lah dek, abang gak punya hp jadi abang gak bisa hubungin adek.”
“Terus ini pake apa ?”
“Abang pake Laptop.“
“Owh gitu.“
“Dek, kalau abang suka ama adek, adek mau gak?”
“Suka? yang bener aja kita kan baru aja ketemu masa udah bilang suka.”
“Benran dek, dari waktu pertama liat adek, abang udah suka, abang sungguh sungguh dek.“
“Bohong.“
“Buat apa bohong, ini kan bulan puasa dek gak boleh bohong, abang beneran suka ama adek.“
“Buktikan saja !!!“
“Besok jam 6 pagi, habis turun piket abang ke tempat ade yah, abang akan buktikan sama adek.“
“Kalau pagi2 aku masih tidur bang, aku bangun jam 9.“
“Ya ampun dek siang banget bangun nya, ya udah abang kesana jam berapa mau adek?”
“Sore aja habis buka Puasa jam 7, kalau siang aku Males keluar.“
“Ya udah besok abang kesana yah, abang nunggu dimana?”
“Abang tunggu aja di tempat kemarin kita bertemu, nanti aku kesana “.
“Beneran ya dek, jangan bohong, abang gak bawa Hp jadi gak bisa hubungin adek.“
“iya.“

Tanggal 10 Juli 2015, Aku bertemu dia yang ke 2x nya, skitar pukul 19.00 dia sudah menunggu di tempat pertama kita jumpa tapi aku sengajain di telatin karena aku ingin tau kesabaran dia hingga dia harus menunggu ku selama 2 jam, aku pun datang naik motor.
“Maaf bang telat.“
“Habis darimana dek? Abang udah 2 jam nunggu ade disini.“
“Iya bang tadi di suruh ortu dulu jadi gak bisa langsung kesini.“
“Ya udah dek gapapa, kita ngobrol dimana nih?”
“Maaf bang aku gak bisa lama sekarang.“
“Terus gimana? Ade mau pulang?”
“Iyah takut di marahin, sekarang udah malam.“
“Ya udah gapapa dek, kenapa adek tega ama abang?”
“Maaf bang.“
“Iya gapapa, nanti abang kesini lagi yah.“
“Ok. “
Pertemuan ke 2 kami juga sangat singkat, kami berbincang hanya sekitar 15 menit, setelah itu aku langsung anterin dia ke tempat ojek lagi.
Malam hari nya tanggal 12 Juli 2015 akun itu Inbox lagi ke Facebook aku.
“Adek.“
“Iyah.“
“Besok Jadi ya dek abang ke tempat adek, temenin abang beli Hp dek agar bisa komunikasi lagi sama adek.”
“Abang mau beli Hp dimana?”
“Di Mall aja dek yang murah, nanti kita foto bareng ya dek, sekalian mau beli baju lebaran, adek mau di belikan ama abang, hehee?”
“Ya udah bang nunggu aja di tempat kemarin yah, tapi siang aja bang kalau sore takut kemaleman.“
Aku sih gak begitu ngarep pemberian nya yang mau ngasih aku baju buat lebaran tapi perjuangan nya untuk menemuiku yang membuat aku percaya.
Tanggal 13 Juli 2015 adalah Pertemuan kami yang ke 3 di tempat biasa tapi pertemuan ke 3 nya siang sekitar pukul 14.00 WIB. Dia sudah menunggu di tempat itu, Aku langsung menuju tempat itu dengan menggunakan motor Honda Beat, pada hari itu Bayu memakai kaos biasa dan memakai celana levis, memakai topi kostrad berwarna Hitam dan membawa tas, tapi tas kali ini agak sedikit jelek, gak kaya biasa nya, dan aku memakai baju pink motif bunga menandakan bahwa aku sedang bahagia dan ingin terlihat lebih ceria, Bayu pun melihatku dan tersenyum.
“Kamu cantik sekali dek.“
“Biasa aja.“ Sebenarnya aku sedikit gak suka jika terlalu di puji.
“Motor nya habis di cuci ya dek, kinclong banget, nanti kita pergi kemana dek?“ Tanya Bayu.
“Iya Habis di cuci kemarin, kita Ke Mall BCP Bekasi aja bang yang dekat, nanti kita mampir dulu ke POM Bensin yah.“
Hari itu aku benar2 merasa aneh menurutku tapi tak menyadarinya. Sebelum ketemu, aku nyuci motor ku sendiri, bahkan isi bensin full. Bayu pun terlihat aneh gak seperti sebelumnya, dia menanyakan motorku yang menurutku pertanyaan yang gak penting. Kami pun langsung berangkat berboncengan, bayu yang nyetir aku yang bonceng.
Sampe di depan Mall kami pun masuk melalui pintu masuk motor, bayu langsung mengambil tiket masuk parkir motor dan kami memarkirkan motor nya ke pojok, Lalu kami pun masuk ke dalam Mall, Kunci Motor nya dan STNK Motor yang ada di dompet kecil tempat kunci/gantungan kunci model dompet seperti kunci mobil itu masih dia pegang oleh bayu, dan tak lama Bayu menanyakan toilet, katanya dia ingin kencing kami pun mencari toilet, lalu dia masuk toilet, setelah dia keluar kami langsung mencari konter dan bayu langsung memberikan kunci motornya ke aku.
“Ini dek pegang kunci nya, abang lupa tadi gak langsung kasih.“
“Iyah.“ Aku langsung memasukan kunci itu ke dalam tas tanpa mengeceknya terlebih dahulu.
Lalu kita langsung mencari counter HP, tiba di counter Bayu menanyakan pendapatku.
“Menurut adek bagus yang mana?” Tanya Bayu.
Aku pun ngasih pendapat “Bagus yang itu bang.“
Lalu kita saling tawar menawar harga setelah harga cocok baru Bayu menyakan kembali.
“Bener adek suka yang ini, kalau bener langsung di buka segel Hp nya mau di isi lagu.“
“Iya bang menurut ku bagus yang itu.“ Lalu Hp nya pun Langsung di buka dan isi Kartu memory beserta lagu-lagu nya , di saat mau bayar Bayu minta ijin lagi kepada ku.
“Dek abang mau ke toilet lagi yah.“
“Kan tadi udah bang.“
“Iya abang kebelet lagi, adek tunggu disini jangan kemana-mana yah, tungguin tas abang, di dalamnya ada uangnya, adek jangan tinggal.“
“Ya udah.“ Kali ini aku merasa agak sedikit aneh, Bayu terlihat seperti buru-buru, tapi aku gak ada rasa curiga sedikit pun karena kunci motor nya aku yang pegang, dalam pikir ku gak mungkin tentara sejahat itu, aku selalu berfikir positif aja, setelah sekitar 15 mnit Bayu belum muncul juga, perasaan ku semakin gelisah, sebenarnya apa yang terjadi tapi aku berusaha sabar. Namun lama kelamaan kesabaranku hilang, aku langsung menuju ke toilet Pria dan aku menitipkan tas Bayu ke orang counter nya, aku liat ke toilet ternyata toilet sepi, hatiku semakin gak karuan, kemana bayu pergi, aku pun sadar dan aku langsung turun ke tempat parkiran untuk mengecek motor ku, setelah di cek ternyata motor ku sudah tak ada di tempat kami parkir tadi, aku pun langsung menanyakan ke security.
“Maaf pak ganggu, apakah ada yang keluar tanpa ada STNK?”
“Semuanya bawa STNK Mbak, emang nya kenapa?” Tanya security itu
“Kok motor saya gak ada ya pak, padahal kunci sama STNK masih aku pegang.“
“Loh kok bisa, emang naro nya dimana? Coba liat STNK nya?“ Seru petugas.
Aku langsung merogoh tas ku untuk mengambil kunci nya setelah di lihat dan d buka dompet kunci nya ternyata STNK Itu sudah tak ada, aku langsung panik.
“Pak STNK nya sudah gak ada, biasanya saya tarok disini.“
“Kok bisa? tadi mbak berangkat kesini berangkat ama siapa?”
“Sama cowo pak, tolong pak di cek motor itu sudah keluar gak, Tapi tas nya dia masih ada di sana.“
“Coba mbak ambil tas nya untuk barang bukti.“
Aku pun naik ke atas lagi ke tempat counter yang tadi aku tinggalkan. Tiba di counter aku langsung ngambil tas itu, orang counter itu pun menyakan Hp nya.
“Mbak gimana ini Hp nya?”
“Tunggu dulu aku sedang ada masalah, nanti aku kembali lagi.“
“Gak bisa mbak ini harus di selesaikan dulu.“
Aku pun kesal dan langsung membentaknya “Iya! orang mah sabar saya sedang ada masalah terserah mau ngoceh kaya apa juga.“
Aku langsung meninggalkan tempat itu, orang counter itu pun terus mengikutiku karena minta di bayar, lalu aku di bawa ke pos security untuk di mintai keterangan, setelah di lihat tas situ hanya berisi pakaian saja, mungkin sebelum nya sudah ia siapkan. Setelah di tanya security aku bingung harus menjawab apa karena aku gak tau identitas nya nama asli nya pun aku gak tau karena perkenalan yang begitu singkat, yang aku tau dia Dinas di Yonzikom 14 Depok. Setelah di cek Plat motor No polisi nya ternyata motor tersebut sudah keluar sekitar dari 20menit yang lalu. Aku Lemas, muka ku pucat, keringat yang keluar pun keringat dingin, aku sudah tidak bisa berbuat apa2 lagi, menangis pun rasanya tak mampu karena begitu syok atas kejadian ini, di tengah kesedihan ku orang counter itu terus meminta bayar, aku udah gak bisa ngomong apa2 lagi, aku hanya bisa terdiam, lalu oleh petugas security nya orang counter itu di suruh keluar dulu, aku di bikinkan surat laporan oleh security BCP Untuk lapor ke polsek terdekat. Setalh pikiran ku sedikit tenang aku balik lagi ke atas untuk menyelesaikan masalahku ke counter HP itu.
“Harga Hp nya berapa?” tanyaku.
“Saya nunggu orang tua anda dulu suruh datang kesini.“
Kemarahanku semakin memuncak setelah mendengar itu “Buat apa bawa2 orang tua saya? Apa hubungan nya yang penting bayar kan, udah cepat selesaikan sekarang jangan banyak omong kamu.“
Dia pun ngasih jumlah totalannya, saat itu uang ku kurang karena aku gak megang uang sebanyak itu, aku pun kembali marah lagi.
“Aku gak bisa bayar segitu, uang ku gak cukup kurang 200 ribu lagi, Kalau mau di bayar saya ambil sekarang uang nya di ATM tapi harus terima, tapi jika tidak mau saya tidak akan membayar nya.“
Orang counter itu pun menyetujuinya “ya udah gapapa, ini nota nya.“
Aku pun mengambil uang ku di ATM, Uang yang rencana buat lebaran aku ambil semua untuk bayarin HP itu. Uang ku pun Habis hanya sisa 100rb. Uang itu aku pake buat ongkos pulang. Aku keluar dari mall itu sekitar pukul 18.30 WIB. Aku mencari taxi dan aku langsung menuju Polsek Bekasi, Sesampainya di polsek ternyata sedang mati lampu jadi polisi gak bisa bekerja. Ya Allah banyak sekali halangan nya. Aku pun rela menunggu nyampe jam 10 Malam, Tapi polisi itu yang bernama pak Nanang menyarankan aku agar bicara ke orang tuaku, aku terus menolak nya karena aku takut, pak nanang terus membujukku, Akhir nya aku pun mau, setelah di telfon orang tuaku marah besar kepada ku, aku habis di maki maki oleh kedua orang tua ku, keadaan seperti itu membuat aku takut untuk pulang ke rumah, aku terus menangis dan pak nanang menyuruhku untuk pulang, tapi aku menolak karena pak nanang khawatir dengan ke’adaan ku aku di pun di anterin pulang oleh dia hingga nyampe depan rumah . Dan ketika aku masuk di rumah semua keluargaku terdiam, aku malu pada diriku sendiri betapa bodoh dan ceroboh nya aku hingga di tipu begitu saja. Malam itu aku gak Bisa tidur bahkan buka puasa pun lupa karena begitu panic.
Lalu aku membuka Laptop ku dan aku terus mencari informasi tentang akun itu sebelum dia blokir fb aku, aku inbox sebagian teman facebook nya berharap ada yang tau identitas nya Ternyata hasil nya nihil semuanya gak kenal dia, Tepat nya Jam 2 dini hari ada inbox masuk, rupanya dia teman SMA nya Bayu, Menurut keterangan teman nya dia Bernama AJHAR B*** PUTRA, dia asal Medan Alamat nya di Kec. Biru Biru Medan, dia Alumni SMK A* W***** 4 MEDAN Angkatan tahun 2008.
Aku terus menampung informasi itu, dan setelah pukul 3 dini hari rupaya facebook aku sudah di blokir oleh Bayu, tapi aku tidak lelah untuk mencari informasi itu, waktu sahur pun aku gak peduli, dan pukul 5 aku coba inbox teman facebooknya.
“Assalamualaikum, apakah anda kenal dengan nama akun PUTRA DAN*** REBORN? Jika kenal tolong hubungi saya, saya sudah di tipu oleh dia, motor saya di bawa kabur.“ Isi chat ku yang aku kirimkan ke teman nya bayu.
“Waalaikumsalam, iya Bayu memang dulu teman kerja saya, bukan cuma kamu saja disini pun banyak korban nya, tapi dia hanya bekerja dari bulan februari-mei setelah itu keluar karena disini banyak kasus.“
“Dulu bayu kerja dimana?”
“Dia Kerja di IS*“
“IS* Itu kerja apa? Bukan nya Bayu anggota?”
“Anggota apa? Dia mah cuma satpam, dia bareng kerja sama saya.“
“Apakah yang anda katakan benar? Apakah masih ada identitas nya?”
“Masih ada. Tanya aja ke kantor pusat IS* Bintaro semua datanya ada disitu, nanti kalau sempat saya akan bantu.“
“Bayu dulu tinggal dimana?”
“Dia tinggal di Ciamis ikut sama istri nya tapi bayu disini kost sendiri istri nya di kampong.”
“Baik, terimakasih ya atas informasi nya, jika tau alamat nya nanti sms saya ya pak.“
“Baik, insyallah saya akan bantu.“
“Makasih pak."
Pagi itu aku sedikit lega karena setidak nya aku tahu identitas nya, pukul 09.00 WIB, teman nya sms aku.
“Assalamualaikum, fida ini aku teman nya Bayu, aku sudah dapat alamat istri nya ini almat nya :
Nama istri nya Siti **laeha Alamat : Dusun Bojong ***** Desa Negara Jati kec. Panawangan kab. Ciamis.“ itu Isi sms teman nya.
Pukul 10.00 WIB Aku datang lagi ke Polsek untuk lapor, aku pun sudah dapat surat STL Dari polsek, Namun apa boleh buat polisi hanya bisa memblokir STNK saja.
Aku bingung harus minta bantuan pada siapa lagi, ingin rasanya aku datang ke Ciamis menemui istri nya namun apalah daya gak ada ada yang bisa membantuku karena posisi ciamis sangat jauh, aku gak nyangka hari itu adalah musibah bagiku, pertanyaan Bayu yang aneh pun saat itu aku tak menyadari nya kalau dia memang sudah mengincar motor ku, sampai saat ini pun aku enggan memakai baju itu, baju terakhir pertemuan ku dengan Bayu, karena setiap melihat baju itu mengingatkan aku dengan sosok Bayu yang penipu dan pencuri. Aku pun berusaha untuk ikhlas dan jadikan semua ini sebagai pelajaran untuk ku kedepan nya, karena sampai saat ini keberadaan pelaku nya masih belum di temukan, mungkin dia juga sedang mancari mangsa baru.
-------------------------
mbak Fida pertama kali menceritakan pengalamannya ini via bbm lalu saya minta padanya untuk mengetik diinbox, saat itu tanggal 29 Juli 2015.
Sempat saya berdialog di bbm dengannya, dan dia menuturkan kesedihannya karena kejadian itu membuatnya mendapat marah besar dari orangtua nya. Tuturnya apes duit hilang karena bayar HP itu dan motor pun hilang, dan sempat kami berdiskusi di bbm kalau dia menduga STNK raib saat bayu di toilet yang pertama kali.
Cerita ini sudah setahun berlalu, awalnya kisah ini akan saya buku kan di buku Serdadu Pelangi 3 yang terbit akhir tahun 2016 (rencananya) namun sy berubah pikiran, karena siapa tahu dengan di share di blog akan meminimalisir kejadian penipuan dengan modus seperti ini lagi di kedepannya. Sayangnya saya juga kehilangan kontak BBM mbak Fida karena tak lama sy ganti bb (karena yg lama rusak). Namun teman2 bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Yang jelas jika dari kacamata saya terjadinya kasus ini karena ada PELUANG. Buat sahabat yang lain untuk berwaspada selalu, jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal.
Di posting oleh Bunga Rosania Indah
Facebook : Buku Bunga BTP
Salam.
"Terimakasih kepada mbak Fida sudah berbagi kisahnya."

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Lembah Hijau #2